Taman di Kota Depok

ETIKA PROFESI
LAPORAN HASIL OBSERVASI TAMAN
DI KOTA DEPOK



Disusun Oleh :
Kelompok 5
1.     Alfian Nugroho
2.     Alfredo
3.     Didi Supriadin
4.     Harry
5.     Putri Nadillasari
6.     Syavira Suci

Kelas 1TA05


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
2017










KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT. Yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan inayah kepada hambanya, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
            Penyusunan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi penilaian dari dosen mata kuliah Etika Profesi. Makalah ini berjudul Laporan Hasil Observasi Taman. Kami menyadari bahwa dalam isi makalah kami banyak sekali terdapat kesalahan dan kekurangan. Mudah-mudahan dengan kekurangan yang ada pada makalah ini dapat menjadi pelajaran pada penyusunan makalah ini dapat menjadi pelajaran pada penyusunan makalah yang berikutnya, sehingga makalah berikutnya bisa mendekati kesempurnaan.
            Kami sadar bahwa penulisan makalh ini tidak terselesaikan tanpa bantuan dari berbagai pihak yang telah memberikan saran dan bimbingan. Oleh karena itu, kami menyampaikan rasa hormat serta terima kasih kami kepada Ibu Yuning Ika Rohmawati, SIKOM  selaku pembimbing mata kuliah Etika Profesi.

















TAMAN LEMBAH GURAME



Taman Kota Lembah Gurame merupakan sebuah Taman Kota yang dibuat oleh Pemerintah Kota Depok. Dinamakan lembah gurame karena taman ini berada di Jalan Raya Gurame, Kelurahan Depok Jaya, Kota Depok. Taman Lembah Gurame dapat diakses menggunakan kendaraan mobil maupun sepeda motor, bisa juga dengan menggunakan angkutan umum maupun kereta KRL.
Di taman ini terdapat kolam kolam yang berisi ikan ikan dan juga pohon-pohon yang membuat taman ini menjadi teduh. Di taman lembah gurame terdapat fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap untuk digunakan oleh pengunjungnya baik untuk orang dewasa, remaja, sampai anak-anak. Seperti track untuk lari ( jogging ) dan juga jalan santai, alat-alat fitness, tempat bermain anak-anak, dll. Fasilitas penunjang untuk para pengunjungnya juga tersedia seperti toilet umum, air minum gratis, tempat untuk bersantai, dan juga ada lapangan futsal.
 Taman ini selain menjadi tempat untuk berlibur atau bermain tetapi bisa juga untuk sarana edukasi karena pohon-pohon di taman ini diberikan nama jenis pohon tersebut, jadi sangat cocok untuk media pembelajaran terutama untuk anak anak. Dan juga terdapat beberapa mading atau poster poster yang bisa dijadikan media pembelajaran.
Untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung yang mengunjungi Taman Lembah Gurame pengelola taman ini memasang kamera CCTV untuk memantau taman itu dan juga untuk kenyamanan pengunjung, di taman ini dilarang untuk merokok untuk menjaga kesegaran udaranya. Dan dilarangnya para pedagang untuk berjualan di dalam taman agar taman tsb tetap terjaga kebersihannya.










                     
















Taman Lembah Mawar
                                   



Taman Lembah Mawar adalah sebuah taman di kota depok , provinsi jawa barat . secara administratif , taman ini berlokasi di jalan mawar , Perumnas Depok 1, Kelurahan Depok Jaya, Kecamat Pancoran Mas . Taman ini diresmikan oleh Walikota Depok Idris Abdul Somad pada 1 Desember 2016. Selain dihiasi dengan pepohonan dan taman bunga , taman ini dilengkapi dengan tempat bermain anak , trek jogging , ruang bermain anak , danau buatan yang sering di pakai untuk memancing para pengunjung , tempat ibadah serta area parkir yang cukup memadai.
Pengerjaan taman seluas 13.200 meter persegi untuk ruang terbuka hijau ini menghabiskan dana Rp4 miliar dari APBN dan merupakan program Kementrian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PURP)
Sebelumnya pembangunan taman ini sempat mendapat protes dari warga sekitar karna tidak adanya sosialisasi. Namun seiring berjalan taman ini dapat diselesaikan dan menjadi salah satu tempat yang sering di kunjungi warga sekitar dan masyarakat depok untuk berekreasi .
Tidak terlalu sulit bila ingin pergi ke taman yang terletak di , Perumnas Depok 1, Kelurahan Depok Jaya, Kecamat Pancoran Mas ini.karena tempat nya yang lumayan strategis . tepat di depan taman lembah mawar ini terdapat SMP Negri 2 Depok  dan tak jauh dari Taman Lembah Mawar  ini terdapat sebuah Taman Lembah Gurame yang juga sering di kunjungi masyarakat depok untuk bersantai dan berekreasi.
Selain tempat yang strategis , kamu tidak perlu susah-susah bila ingin mencari jajanan atau membawa bekal saat ingin mengunjungi taman ini , karna tepat di depan taman banyak pedagang yang berjualan makanan dan minuman.
Karena baru berumur belum tepat setahun , taman ini belum terjadi banyak kerusakan , terlihat dari bentuknya yang masih terawat .





                   










TAMAN MERDEKA


Taman Kota Merdeka  merupakan sebuah Taman Kota yang dibuat oleh Pemerintah Kota Depok. Taman ini disediakan untuk melengkapi fasilitas yang ada di Kota Depok. Setiap hari minggu Taman Merdeka, Sukmajaya memang lebih ramai dari hari-hari biasa. Taman ini menyediakan sarana bermain untuk ana-anak, Taman Merdeka juga diepnuhi berkumpulnya penyedia jasa mainan dadakan seperti kereta mini, odong-odong, kolam pancing anak, mandi bola hingga aneka makanan dan minuman.
Selain sebagai sarana hiburan alternatif keluarga, Taman Merdeka yang juga dilengkapi sarana lapangan olahraga ini juga menjadi tempat ideal untuk berolahraga tentunya. Di sisi lain, Taman Merdeka mempunyai banyak pepohonan, sehingga tak heran, jika pada hari sabtu dan minggu banyak masyarakat yang melakukan aktifitas olahraga disekitar Taman.
Tetapi masih banyak kekurangan yang ada pada taman tersebut, yaitu tidak adanya fasilitas toilet, dan masih banyak beberapa sampah yang berserakan dikarenakan kurangnya penyebaran tempat sampah ke titik-titik tertentu. Kurangnya perawatan juga menjadi salah satu penyebab kekurangan dari Taman Merdeka ini.
Selain itu taman merdeka berdekatan dengan Kantor Kecamatan Sukmajaya, Kantor Samsat Depok serta SMPN 4 Depok. Taman Merdeka juga mnemiliki akses yang bagus, baik menggunakan mobil pribadi, motor, ataupun berjalan kaki. Dan juga dapat diakses menggunakan angkutan umum, karena banyaknya angkutan umum yang ada di daerah Sukmajaya yang melewati Taman Merdeka.

  















Komentar

Postingan Populer